Sunday, March 29, 2009

Sahabatku Sayang,,Sahabatku Malang

"Hah...Kanker???"
Deretan kata yg histeris banget. Mengalahkan kehisterisan warga tangerang yg panik akibat terjangan tanggul situ gintung yg jebol, 27 Maret kemarin. Terang aja histeris, sebagai sesama calon rekan sejawat, siapa sih yang gak tau dengan kanker, atau yang dalam bahasa medisnya Carcinoma??? Penyakit yang dapat membuat seseorang terkapar tak berdaya, yang bisa menghilangkan nyawa seseorang yang menjadi tempatnya bersarang, atau paling gak bisa membuat bayangan suram di kehidupan.
Malam itu, tepat pukul 20.00 wib, di klinik Harapan Bunda, di ruang dr. Haniyati, seseorang dokter yang terkenal ramah, aku dan riana sahabatku bersiap mendengar diagnosis sang dokter. Terlebih Riana, yang semula hanya mengeluh sakit kepala, tapi sapa yang mengira sakit itu berakibat fatal?? Dengan harapan yang mulai padam, Riana menyambut selembar amplop berisi surat rujukan yang ditujukan ke bagian Onkologi, sub-bidang medis yang mempelajari dan merawat kanker.
"Kamu banyak istirahat ya Rin, besok kamu bawa ini ke dr. Neni SpPA. Berdoa mudah-mudahan gak terjadi sesuatu yang buruk". Ucapan dr. Hani seolah meninggalkan mkana yang dalam.
Apakah saya menderita kanker Dok? Riana bertanya seakan tak kuasa menerima sema kenyataan ini.
"Tenang, ini baru diagnosis awal, yang jelas saya merasakan ada benjolan di otakmu dari hasil CT scan", dr.Hani seolah menenangkan.
"Baik Dok, terima kasih, kami harus pulang".
Malihat sahabatku sudah tak berdaya aku memapahnya. Aku binggung apa yang harus aku lakukan sekarang. Yang pasti aku harus menghiburnya.
***
Besok paginya, Riana pergi ke bagian Onkologi tanpa ingin ditemani. Aku menghargai sahabatku itu, ku biarkan ia melangkah masuk ke ruangan penuh tanda tanya. Dengan mulut yang komat-kamit, aku berdoa supaya tidak terjadi sesuatu yang buruk dengan Riana.
Sekitar 15 menit, Riana kembali kepadaku sambil membawa hasil. Dia langsung memelukku. Seakan bumi ini runtuh seketika ketika sayup ku dengar Riana berbisik kepadaku bahwasannya ia mengidap kanker otak. Aku mencoba kuat dan menguatkan sahabatku yang sekarang entah apa yang ia rasakan meskipun airmataku tak terbendung lagi.
Seandainya kalian diposisiku,,apa yang kalian rasakan??
Apa yang akan kalian lakukan??
Beritahu aku, agar aku bisa menghibur dan sedikit meringankan penderitaan yang ia derita sekarang.

7 comments:

  1. nah kan enak klo background blognya putih, tidak susah baca tulisannya.

    saya sarankan blognya di tambahkan garis batas di kanan kiri blognya

    ReplyDelete
  2. gimana caranya a' edi???
    ajarin lah...

    ReplyDelete
  3. Duh..ikut prihatin mbak dengan sahabatnya.Salam aja yach buat sahabatnya itu,semoga diberi kesabaran..

    ReplyDelete
  4. Asyik juga ada musiknya.

    Mengenai sahabat yang sedang sakit. Kita hanya bisa menghiburnya, menemaninya dan memberikan semangat tentunya. Semoga berhasil.

    ReplyDelete
  5. makasih buat semua sarannya yagh...

    ReplyDelete
  6. Untuk memasang favicon. Terlebih dahulu Anda harus mempunyai sebuah gambar atau icon yang disimpan dalam format .GIF atau .PNG.

    Upload iconnya ke image hosting. Seperti Shareapic, photobucket,dan lain-lain. Kalau saya sendiri mengupload iconnya di photobucket.

    Setelah iconnya diupload. Copy alamat URL dimana icon Anda disimpan. Login ke blog Anda. Biasa... Edit HTML. Cari kode yang dibawah ini:

    <title><data:blog.pageTitle/></title>

    Letakkan kode dibawah ini dibawah kode diatas

    Jika iconnya disimpan dalam format .GIF, pakai kode ini :

    <link href='alamat URL icon Anda' rel='shortcut icon' type='image/gif'/>

    Jika iconnya disimpan dalam format .PNG, pakai kode ini :

    <link href='alamat URL icon Anda' rel='shortcut icon' type='image/png'/>


    NB :
    Jgn lupa ganti alamat URL icon Anda dengan alamat URL dimana icon Anda disimpan. Misalnya, http://e46.photobucket.com/albums/a78/user/favicon.gif
    kalo sudah save template...jadi deh, kalo belom nongol juga ulangi dgn teliti.
    salam.

    ReplyDelete

Ayo ngomong...